Minggu, 14 November 2010

Tips Memulai Bisnis Sendiri ala Orang Goblok


Tips Memulai Bisnis Sendiri ala Orang Goblok

Yup betul… anda tidak salah membaca judul artikel ini. Artikel ini memang kami tujukan bagi orang-orang goblok terutama dalam bidang bisnis dan wirausaha, atau untuk orang yang malah tidak tau apa itu bisnis dan wirausaha dan bagaimana cara memulai sebuah bisnis yang menguntungkan. Hmm… kayaknya tampang anda bukan seperti orang pinter deh.. Ok anda boleh lanjut membaca artikel ini.
Ok.. sebelumnya biar sama-sama enak, coba jawab dulu pertanyaan dibawah ini:
1. Apakah anda karyawan dengan gaji kecil tapi kerjanya kaya kerja rodi?
2. Apa anda pengangguran yang udah lamar sana-sini belum dapet kerja?
3. Apa anda ibu rumah tangga yang ingin mencari tambahan penghasilan?
4. Apa anda anak sekolah atau mahasiswa yang butuh duit tambahan?
Kalau salah satu jawaban pertanyaan diatas adalah Ya, maka mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat anda.
Kita sama-sama tau bahwa untuk menjadi orang sukses atau mendapatkan penghasilan yang cukup layak dibutuhkan kerja keras dan keuletan serta kesabaran. Tiga hal diatas tentunya orang bodoh seperti anda sekalipun sudah sangat sering mendengarnya, betul? tapi apakah 3 hal diatas itu sudah cukup untuk mencapai kesuksesan?? Jawabnya tidak. Karena ada hal-hal yang jauh lebih mendasar yang dibutuhkan jika anda ingin menjadi orang sukses. Terutama jika anda ingin memulai sebuah bisnis sendiri.
Selama ini kita dididik di bangku sekolah dan di doktrin oleh kedua orang tua kita bahwa kita harus sekolah setinggi mungkin agar bila lulus kita dapat mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar dan menjadi orang sukses, Tetapi kita tidak pernah diajarkan bagaimana mencari uang. Oleh sebab itu saat ini banyak sekali para sarjana yang menganggur karena tidak mendapatkan pekerjaan, dan mereka tidak tau bagaimana cara menghasilkan uang sendiri. Yang sudah mendapat pekerjaanpun sebagian besar bergaji sangat kecil sekali, tidak sebanding dengan beban pekerjaannya.
Lalu apa yang dibutuhkan bila orang goblok seperti anda ingin sukses ketika memulai bisnis sendiri? Hal terpenting yang anda butuhkan sebelum memulai sebuah bisnis adalah IMPIAN. iyah bener… MIMPI… ngga susah-susah amat kan, gratis dan nda dibatasin lagi mau mimpiin apa.
ngga ngerti juga?? Grrr… ternyata anda lebih goblok dari yang saya duga. Okeh saya jelasin. Meskipun kedengarannya sepele tapi IMPIAN adalah modal terbesar dan terpenting buat anda. Dulu manusia bermimpi untuk bisa terbang,  dan akhirnya pesawat ditemukan. Dulu manusia bermimpi buat pergi ke bulan, dan akhirnya Neil Amstrong sampe ke bulan. Udah ngerti belum?? Semua hal besar yang ada sekarang ini dimulai dari sebuah impian, impian-impian itulah yang jadi dasar pemacu semangat seseorang buat mencapai sesuatu. Jadi kalo anda tidak punya impian, atau impian anda cuma ingin jadi pegawai dengan gaji 2 juta sebulan.. hmm, ya nda bakal anda jadi orang sukses. Kalau anda mengikuti cerita kami dalam berbisnis coklat, dulu kami juga bermimpi bisa punya bisnis coklat yang besar, padahal kami cuma punya modal 15 ribu saja. Alhamdulillah… saat ini kami sudah punya workshop sendiri, sudah punya CV sendiri, sudah punya ijin PIRT dan saat ini kami bermimpi untuk bisa menjadi lebih besar lagi.
Jadi seandainya anda punya MIMPI untuk punya penghasilan 20 juta setiap bulannya, maka catat impian anda itu besar-besar di tembok kamar anda dan didalam pikiran anda, dan jangan biarin orang lain merampas impian anda tersebut. Mario Teguh bilang bahwa orang besar mempunyai impian-impian besar… sedangkan orang kecil memiliki impian-impian kecil. Jadi jangan biarkan orang kecil mengecilkan impian anda yang besar itu.  Setelah anda mempunyai impian, mulailah berbisnis… Jangan terus ngerampok ya.
Lalu bila anda sudah memulai berbisnis, hal yang harus anda camkan baik-baik di kepala anda adalah jangan “Untung Oriented.” Bingung?? bukannya orang bisnis pingin dapet untung? Untuk penjelasannya mari kita mencontoh om Bob Sadino, tau kan Bob Sadino?? Kakek tua yang selalu pake kaos sama celana pendek itu loh.. yang punya kemchick. Cabee deh..
Bob Sadino sering sekali mengeluarkan statement-statement nya yang super Nyleneh.
Misalnya dia tanya,”Menurutmu kebanyakan orang bisnis cari apa Jay?” Spontan kita jawab,”Cari untung om!” Kemudian Om Bob balik menjawab,”Kalo saya cari rugi!”
Dia menjelaskan, kalo bisnis cari untung, apa selamanya untung? Sama juga kalo bisnis cari rugi, apa selamanya rugi? Maknanya adalah, rugi tak perlu ditakuti. Bahkan karyawan Kemchicks (pabrik daging olahan)dan Kemfarms (exportir sayur dan buah) diijinkan untuk berbuat salah. Sampai-sampai ada karyawan yang pernah membuat kerugian US$ 5
juta dan masih bekerja sampai sekarang. Goblok atau Pintar? Trus apa maknanya belajar ‘Goblok’?
Bukankah banyak orang pandai tapi tak berhasil dalam usaha atau bahkan melangkahpun tak berani. Om Bob bilang, kalo orang ‘goblok’ itu tak pandai menghitung, makanya lebih cepat mulai usaha. Kalau orang pinter, menghitungnya ‘njlimet’, jadi nggak mulai-mulai usahanya.
Orang ‘goblok’ berbisnis tidak berfikir urutan, sedangkan orang pinter, berfikir urut. Orang pintar tidak percayaan dengan orang lain, jadi semuanya mau dikerjain sendiri, seolah tak ada yang dapat menggantikan dirinya. Nah, kalau orang ‘goblok’, dia akan mencari orang pintar dan harus lebih pintar darinya, untuk menjalankan usahanya.
Orang pintar ketemu gagal, cenderung mencari kambing hitam untuk menutupi kekurangannya. “Ehm, situasi ekonominya lagi down”, atau “Pemerintah nggak mendukung saya”, kata orang pintar. Lain hal dengan orang ‘goblok’, jika ketemu gagal, nggak merasa kalau dia gagal, karena dia merasa sedang ‘belajar’.
Bahkan Om Bob juga mengatakan bahwa dia sebagai orang ‘goblok’ tidak melakukan perencanaan usaha, target ataupun mengenal cita-cita. Namun sebaliknya, semua karyawannya harus memiliki target dan perencanaan. Buahnya, orang ‘goblok’ yang jadi bossnya orang pintar.
Itulah adilnya Tuhan menciptakan orang pintar dan orang ‘goblok’. Masalahnya sekarang, siapa yang merasa pintar, siapa yang merasa goblok? Trus, enakan mana jadi orang pintar atau orang ‘goblok’? Jika Anda semakin bingung dengan tulisan saya, artinya bagus,
berarti Anda mulai ….Goblok!
Kalau Anda emosi, berarti Anda pintar. Itu juga kata orang Om Bob lho..! Filosofi ‘goblok’ Bob Sadino, dia ibaratkan seperti air sungai yang sedang mengalir. Ketemu batu di depan, ya belok kanan atau belok kiri. Namun seperti air di sungai, kitapun harus siap dikencingi,
dibuangi sampah dan kotoran-kotoran yang lain. Jadi, pilih mana? GOBLOK atau PINTAR?
“Pengusaha tak harus pintar dalam segala hal. Tapi harus pintar mencari orang pintar”
Sudah merasa cukup… syukur kalo udah bisa membantu. Kalo belum tunggu artikel kami berikutnya tentang tips tips penting bila anda ingin memulai berbisnis. Masih ada pelajaran tentang cash flow quadran, seni melihat peluang, team work dan banyak hal lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar